Tingkatkan Prestasi Siswa dan Anak Anda dengan Bimbingan Belajar Privat Best Choice

Tujuan utama siswa bersekolah adalah mencari ilmu. Ilmu di sini memiliki berbagai macam objek. Baik ilmu akademis berupa pelajaran eksakta dan pelajaran sosial, juga di sekolah diajarkan pengembangan diri yaitu menggali potensi atau kemampuan diluar bidang akademik dan penguatan budi pekerti. Siswa diharapkan mampu mengerti dan memahami berbagai macam pelajaran di Sekolah. Karena terlalu banyak mata pelajaran yang diajarkan tidak semua siswa dapat menguasai semua pelajaran yang ada. Kebanyakan siswa akan menguasai satu atau dua mata pelajaran yang benar-benar mereka sukai. Sedangkan untuk penggalian bakat atau potensi diri, beberapa siswa ada yang sudah mengetahui dan mengerti apa yang menjadi kesukaan dan minatnya, namun tak sedikit juga yang masih mencari dan menggali apa yang mereka sukai dan minati. Kebanyakan siswa akan mulai mencoba-coba berbagai hal untuk menemukan paling tidak satu bidang yang cocok dengan karakter dan passion mereka. Untuk masa pencarian tersebut, ada baiknya siswa dibimbing dan diarahkan sehingga tidak terjerumus dalam pergaulan bebas.

Untuk meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi siswa, dapat dilakukan berbagai cara berikut ini:

1. Jadilah seorang pemimpin. Latihlah rasa tanggung jawabmu.
Apabila guru meminta bantuanmu untuk mengerjakan sesuatu misalnya membersihkan kelas, jangan ragu untuk menerimanya. Ajak beberapa teman kelas dan pimpin mereka untuk membersihkan kelas bersama-sama.
2. Mendengarkan penjelasan guru dengan baik.
Jawablah setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru apabila kamu mengetahui jawabannya. Jangan menunggu guru untuk memanggil kamu untuk menjawab pertanyaan.
3. Jangan malu untuk bertanya.
Selalu ajukan pertanyaan kepada guru apabila tidak mengerti tentang sesuatu hal.
4. Kerjakan PR dengan baik, jangan selalu mencari alasan untuk tidak mengerjakannya.
Jangan malas mengerjakan PR dengan alasan lupa atau menunda-nunda mengerjakannya. Enak kan kalau kita cepat mengerjakan PR, jadi masih punya banyak waktu untuk bermain dan nonton TV deh!
5. Setiap pulang dari sekolah, selalu mengulang pelajaran yang tadi diajarkan.
Nanti sewaktu ada ulangan jadi tidak banyak yang harus dipelajari! Asyik!
6. Cukup istirahat, makan dan bermain.
Semuanya dilakukan secara berimbang. Setelah pulang sekolah, kita sering ingin cepat-cepat bermain dan melupakan segala hal penting lainnya, contohnya makan dan istirahat. Padahal setelah seharian di sekolah, tak terasa badan kita membutuhkan masukan energi tambahan yang bisa didapatkan dari istirahat dan makanan yang kita makan. Oleh karenanya kita harus dapat membagi waktu untuk makan, istirahat dan bermain. Kalau semuanya dilakukan dengan baik, badan jadi segar setiap hari! Jadi tidak sering mengantuk di kelas!
7. Banyak berlatih pelajaran yang kurang disuka.
Apabila kamu tidak menyenangi suatu mata pelajaran, contohnya matematika, maka banyak-banyaklah berlatih, mengikuti kursus atau belajar berkelompok dengan teman. Sehabis belajar bisa bermain dan menambah teman baru di tempat kursus. Selain itu, siapa tahu dari kurang menyukai matematika, kalian malahan menyukainya.
8. Ikutilah kegiatan ektrakurikuler yang kamu senangi.
Cari tahu kegiatan apa yang cocok dan kamu suka. Contohnya apabila kalian suka pelajaran tae kwon do, cobalah untuk mengikuti kursus dari kegiatan tersebut, sehingga selain belajar pelajaran-pelajaran yang diajarkan di sekolah, kalian juga dapat mendapatkan pelajaran tambahan di luar sekolah.
9. Cari seorang pembimbing yang baik.
Orangtua adalah pembimbing yang terbaik selain guru. Apabila ada yang kurang jelas dari keterangan guru di sekolah, kalian dapat menanyakan hal tersebut kepada orang tua. Selain itu, kalian juga dapat belajar dari teman yang berprestasi.
10. Jangan suka mencontek teman.
Kalau mencontek, kamu bisa bodoh karena tidak berpikir sendiri. Lagipula belum tentu, teman yang kamu contek itu menjawab pertanyaan dengan benar. Belum lagi kalau ketahuan guru dan teman lain, malu kan? Kalau kamu rajin belajar, pasti bisa menjawab semua pertanyaan dengan benar sehingga ulangan dapat nilai baik.

Untuk membantu siswa dalam pemahaman pelajaran di luar sekolah dapat kami bantu dengan jasa les privat. Baik untuk salah satu mata pelajaran ataupun semua mata pelajaran akan kami berikan tentor atau guru terbaik yang menguasai pelajaran tersebut. Best Choice Privat memberikan jasa privat untuk putra putri dan siswa siswi anda. Jika anda berminat langsung saja hubungi contact peson kami.

 

Source: https://membuatwebsitebagipemula.wordpress.com/artikel-pedidikan-anak/10-cara-untuk-meningkatkan-prestasi-di-sekolah/