Mengistiqomahkan Amalan 40 Hari

Dalam hidup ini, sebagai manusia kita pasti mempunyai impian/harapan/cita-cita/target yang ingin kita peroleh. Akan tetapi, impian/harapan/cita-cita/target tersebut kadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Yang terjadi adalah kita dihadapkan dengan masalah yang mungkin secara manusiawi kita tidak ingin mengalaminya. Contohnya, siswa yang mengalami kegagalan untuk bisa masuk di kampus favoritnya, alumni yang masih menganggur setelah dinyatakan lulus dari kampusnya, seorang anak yang belum bisa membuat bahagia kedua orang tuanya, seorang suami yang belum bisa membahagiakan istri dan anak-anaknya dan lain sebagainya.

Lantas apa yang salah jika kita mempunyai masalah dalam kehidupan ini. Sebetulnya, yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapi setiap permasalahan yang ada dalam hidup ini. Ketika masalah tersebut kita kembalikan kepada siapa yang sebetulnya membuat masalah, kita akan bisa memahami kenapa masalah masalah tersebut harus terjadi dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, jika ada hajat atau masalah, sebaik-baiknya penolong adalah Allah SWT. 

Belajar Les Privat Mengaji Al Quran Bersama Best Choice Privat

Saya meminjam istilah ustadz yusuf mansur tentang  “riyadhah 40 hari”.  Menurut beliau, hal penting dari amalan riyadhah 40 hari ini adalah tentang kesungguhan, keseriusan, kesinambungan amal (istiqomah, mujahadah, mudawamah) kita. Berikut adalah amalan riyadhah 40 hari yang bisa mulai kita dawamkan dalam keseharian kita.

  • Sholat wajib berjamaah tepat waktu
  • Sholat sunah qobliyah ba’diyah
  • Berdoa
  • Mengaji al quran 1 hari minim-minim 1 halaman.
  • Shalat malam (tahajud dan witir)
  • Sholat dhuha 4 – 12 rakaat
  • Membaca shalawat 10 sampai dengan 100 kali atau lebih banyak dari itu, 
  • Membaca istighfar 3 kali sampai dengan 70 kali atau lebih banyak dari itu. 

Kita mulai bisa membiasakan amalan-amalan di atas setiap hari. Kita coba dulu di hari pertama, kita bisa siapkan absen untuk melihat tingkat kedisiplinan kita. Jika ada yang kurang maksimal, saya kira wajar karena memang kita perlu untuk membiasakannya. Mudah-mudahan kita bisa sukses mengamalkan amalan-amalan tersebut selama 40 hari yang akhirnya akan menjadi kebiasaan setiap hari.

Ditulis oleh : Khoirul Ngibad

Referensi

Best Choice Privat |memberikan pelayanan les privat mengaji dengan mendatangkan guru privat mengaji al Quran ke rumah anda. Di masa pandemi ini, anda bisa juga belajar mengaji al Quran bersama best choice privat menggunakan media online seperti zoom, whats app video, google meet dan lain-lain. Pelayanan les Privat kami ada di Kota Malang, Surabaya, Sidoarjo, Solo, Semarang, Jogja, Bandung, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Anda data mengkontak admin kami di nomor WA 085732690659

Best Choice Privat | Les Privat Mengaji Malang, Les Privat Mengaji Surabaya, Les Privat Mengaji Sidoarjo, Les Privat Mengaji Solo, Les Privat Mengaji Semarang, Les Privat Mengaji Jogja, Les Privat Mengaji Bandung, Les Privat Mengaji Jakarta, Les Privat Mengaji Bogor, Les Privat Mengaji Depok, Les Privat Mengaji Tangerang, dan Les Privat Mengaji Bekasi.