HINDARI RIYA’

Guru Les privat mengaji Sidoarjo | Malang | Surabaya | Solo/Surakarta | Jogja/Yogyakarta | Bandung | Jabodetabek | Jakarta | Bogor | Depok | Tanggerang | Bekasi WA 085732690659

“…Bukankah Allah lebih mengetahui apa yang ada dalam dada semua manusia?” (Qs. Al-Ankabut:10)
Kutipan kalimat ini padat dan jelas, menjelaskan bahwa Allah lebih mengetahui apa yang kita kerjakan, pun kelebihan-kelebihan kita. Semua aktivitas kita sudah tercatat, baik yang terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi.
Temen-temen, di era ini hampir semua aktivitas terdokumentasi, yah..biasanya diunggah lewat akun sosmed, Instagram, wa story, fb story atau bahkan ada yang sempat menceritkan kepada teman-temannya. Boleh gak sih sebenernya kayak gitu? Emmm….menurutku sih boleh-boleh aja ya, tinggal luurskan niat kita aja sobat. Nahkan bisa jadi karena unggahan kita yang lagi dapat peringkat kelas membuat teman kita jadi makin semangat. Ataupun contoh lain, kerja keras kita yang selama ini dapat membahagiakan orang tua misalnya bisa ngajak orangtua jalan-jalan ke luar kota.
Lalu apakah kita riya’ jika bersikap seperti itu? Eits… tunggu dulu, ga semua itu riya’ loh. Nah loh…terus gimana bedain riya’ sama engga? Kalau dari sudut pandang mimin nih… orang yang riya’ itu merasa dirinya paling hebat, pokoknya merasa yang lain itu lebih rendah dari dirinya. Nah..nah, ini masalah hati ya. Jadi gimana biar ga riya’???

Bismillah dulu sebelum postang posting harus memenuhi kriteria :

  • Diluruskan niatnya karena Allah (yakni berlomba-lomba dalam kebaikan fastabiqulkhoirot)
  • Diluruskan niatnya untuk saling memotivasi.
  • Dikurukan niatnya untuk tidak meremehkan orang lain.
  • Pastikan tidak ada caption menyinggung, ataupun ujaran kebencian.

Oke, itulah beberapa tips yang bisa mimin bagikan agar tetap eksis dan terhindar dari riya’ , semoga bisa dipraktekkan yaa dear

Ditulis oleh : Darojatur Rofiah, S.Sos

Guru Les privat mengaji Sidoarjo | Malang | Surabaya | Solo/Surakarta | Jogja/Yogyakarta | Bandung | Jabodetabek | Jakarta | Bogor | Depok | Tanggerang | Bekasi WA 085732690659