5 Cara Mengatasi Anak Susah Belajar Yang Wajib Diketahui Oleh Orangtua

Cara mengatasi anak susah belajar yang diterapkan oleh setiap orangtua pasti memiliki metode berbeda-beda. Ada orangtua yang menyuruh belajar secara halus, ada yang membuatkan jadwal khusus, memarahi anak, dan bahkan mendatangkan guru les privat.
Namun sayang, masih banyak orangtua diluar sana yang belum berhasil dalam mendidik anak-anak mereka agar mau belajar dengan giat dan rajin.

Sebenarnya, anak malas belajar sejak usia dini atau setelah dewasa bukan sepenuhnya salah mereka. Peran dari orangtua sangat dibutuhkan, agar menumbuhkan semangat didalam diri anak-anak.
Sebelum masuk ke pembahasan inti, apakah Anda sudah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi anak malas belajar? Kalau belum, silahkan baca postingan saya sebelumnya.

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita simak ulasan lengkap mengenai 5 cara mengatasi anak susah belajar sejak usia dini berikut ini.

1. Mengetahui manfaat belajar
Banyak orangtua yang menyuruh anak belajar dengan tekun agar mendapatkan nilai baik di sekolah. Namun tahukah Anda, cara ini sebenarnya kurang pas, karena justru menimbulkan tekanan di dalam pikiran anak-anak.
Selama belajar, anak-anak terlalu memaksa pikiran mereka agar bisa memahami seluruh isi bacaan, karena khawatir mendapat nilai buruk.
Kondisi ini jelas berbeda, ketika Anda memberitahu anak-anak jika manfaat belajar adalah mengetahui lebih banyak hal-hal baru dan menarik yang ada di sekitar kita.
Belajar menjadi lebih enjoy, anak-anak juga semakin penasaran dan lebih semangat lagi dalam belajar. Metode ini bisa Anda terapkan untuk mengatasi anak susah belajar.

2. Miliki tujuan belajar
Tahukah Anda, jika salah satu penyebab anak malas belajar menurut para ahli adalah karena tidak memiliki tujuan belajar. Padahal, tujuan belajar mampu mendorong pikiran bawah sadar anak-anak agar ia mengalihkan fokus dan perhatiannya untuk belajar.
Mengetahui tujuan belajar akan membantu mereka lebih giat dalam belajar, baik di rumah ataupun di sekolah.
Misalnya, tujuan dari belajar adalah memperkaya ilmu pengetahuan supaya tidak menjadi orang bodoh yang mudah ditipu oleh orang lain. Hal ini mampu mendorong semangat belajar, karena semua orang tidak mau gampang ditipu.
Silahkan diskusi dengan anak-anak Anda mengenai tujuan belajar. Mengatasi anak susah belajar dengan cara ini sudah terbukti ampuh dan efektif.

3. Berikan waktu istirahat selama belajar
Tidak jauh berbeda dengan orangtua yang bekerja, anak-anak juga membutuhkan waktu istirahat selama belajar. Biasanya, setelah 30 menit membaca buku anak-anak sudah mulai merasa lelah.
Kalau begitu, jangan paksakan anak-anak untuk terus belajar. Berikan mereka waktu istirahat, mungkin 10-15 menit.
Sebenarnya, mengatasi anak susah belajar itu tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu memahami perasaan anak-anak saja.

4. Bantu anak-anak menemukan cita-citanya
Pernahkah Anda bertanya kepada anak-anak, ingin jadi apa mereka di masa depan? Pekerjaan seperti apa yang diinginkan?
Mengatasi anak susah belajar dengan iming-iming sebuah cita-cita memang sangt tepat. Siapa sih yang tidak ingin menjadi dokter,pilot, atau polisi? Apalagi anak-anak Anda masih usia dini yang duduk di bangku PAUD atau TK.
Berikan pengertian kepada si kecil, apabila dengan belajar membaca dan menulis akan membantu mereka menggapai cita-cita tersebut.

Hal ini akan mendorong semangat belajar di dalam diri anak agar lebih rajin dan tidak malas lagi.
Jika anak-anak Anda sudah usia dewasa, berikan kebebasan kepada mereka untuk menentukan cita-citanya sendiri. Sebagai orangtua, jangan sekali-kali memaksa anak-anak agar menjadi profesi ini dan itu. Biarkan mereka memilih profesi yang sesuai passionnya.
Misalnya saja anak-anak Anda hobi bermusik, salah satu bentuk dukungan Anda kepada mereka dengan menawarkan apakah ingin mengikuti les musik atau tidak?

5. Berikan motivasi saat merasa down
Cara mengatasi anak susah belajar yang terakhir adalah dengan memberinya motivasi. Khususnya saat anak-anak sedang mendapat nilai buruk atau sedang ada masalah di sekolah. Tunjukkan perhatian Anda sebagai orangtua, ajak anak-anak segera bangkit dari keterpurukan.
Anda juga bisa menjanjikan sebuah hadiah, apabila ia berhasil mendapat peringkat 1 – 3 di sekolah. Hadiah adalah motivasi belajar terbaik yang sudah pasti disukai oleh anak-anak.
Demikianlah ulasan singkat mengenai 5 cara mengatasi anak susah belajar yang wajib diketahui oleh orangtua. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi Anda semua.