4 Cara Agar Anak Rajin Belajar Tanpa Perlu Dipaksa

Cara agar anak rajin belajar selama ini menjadi keresahan tersendiri bagi hampir semua orangtua. Bagaimana tidak, anak-anak yang seharusnya mulai belajar dengan giat dan rajin justru sibuk dengan dunianya sendiri, entah itu hanya bermain dengan teman-temannya atau bermain gadget saja.

Orangtua merasa, semua metode yang diterapkan gagal dalam mengatasi anak malas belajar.  Apakah Anda juga demikian? Kalau begitu, silahkan coba beberapa tips yang akan saya bagikan kali ini.

Anda sekarang bisa mendidik anak agar mau belajar tanpa dipaksa. Bagaimana, apakah sudah penasaran? Langsung saja disimak beberapa cara agar anak rajin belajar di bawah ini.

  1. Membuat jadwal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar anak rajin belajar adalah membuatkan mereka jadwal harian. Silahkan atur sendiri, kapan waktunya anak bermain dengan teman-temannya, bermain gadget, dan belajar.

Sebagai langkah awal, jangan membuat jadwal belajar yang terlalu lama, karena anak-anak akan merasa mudah bosan.  Begitu pula soal jadwal bermain, jangan sampai berlebihan karena dikhawatirkan anak-anak sudah kelelahan saat tiba waktunya belajar.

Setelah pulang sekolah, biarkan mereka bermain gadget barangkali 30 menit. Setelah itu ajak tidur siang dan begitu bangun mereka boleh bermain dengan teman-temannya. Waktu bermain habis setelah jam 4 sore.

Jam belajar mulai jam 6 sore sampai jam 7 malam misalnya. Jika anak-anak sudah mulai rajin belajar, silahkan tambahi durasi belajarnya. Ingat, itu hanya contoh saja. Anda bisa menyesuaikan jadwal anak-anak sendiri.

  1. Dampingi anak saat belajar

Apakah anak-anak Anda susah sekali ketika disuruh belajar? Jangan buru-buru memarahi mereka, namun coba pahami apa sih faktor yang menyebabkan anak malas belajar. Bisa jadi, salah satu faktornya adalah banyaknya kesulitan-kesulitan yang ditemui selama proses belajar.

Oleh sebab itu, sejak usia dini biasakan untuk mendampingi anak saat belajar. Aktiflah bertanya kira-kira apa sih yang membuat mereka sulit memahami suatu pelajaran.

Jika anak-anak sudah kelas 5-6 SD, Anda bisa mendatangkan guru les privat agar proses belajar semakin memudahkan anak-anak dalam memahami pelajarannya. Walaupun sudah didampingi guru les privat, Anda sebagai orangtua harus tetap memberikan perhatian penuh terhadap kendala-kendala yang dihadapi anak.

Metode ini akan membuat anak rajin belajar, karena merasa mendapat dukungan penuh dari orangtuanya. Apalagi jika anak-anak sudah beranjak dewasa, pasti ada keinginan untuk mendapat peringkat dikelas, karena tidak mau mengecewakan orangtuanya.

  1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan

Faktor penyebab anak malas belajar selanjutnya adalah suasana belajar yang kurang bersahabat atau menyenangkan bagi anak-anak. Bagaimana mungkin anak Anda bisa rajin belajar apabila suasananya membosankan?

Oleh karenanya, tugas Anda disini adalah menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Ciptakan suasana yang tenang, fun, dan enjoy.

Sebelum belajar, ajaklah anak-anak becanda dahulu. Begitu pula ketika ia sudah mulai lelah, ajaklah ia mendengarkan musik favorit sejenak, dan lain sebagainya. Pokoknya, ciptakan suasana belajar yang membuat anak-anak bisa semangat dan tidak malas belajar.

  1. Berikan motivasi kepada anak

Cara agar anak rajin belajar yang terakhir adalah memberikan motivasi. Terus berikan dukungan kepada anak-anak Anda agar tidak malas belajar. Ketika mereka sulit memahami suatu pelajaran, berikan mereka pujian, bukannya omelan-omelan tidak jelas.

“Nak, nggak papa kamu belum bisa memahami materi ini, besok kita coba belajar lagi ya” kalimat lembut seperti ini mampu meluluhkan hati anak-anak agar tetap semangat belajar.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dulu postingan saya kali ini mengenai 4 cara agar anak rajin belajar tanpa dipaksa. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda semua.